5 Langkah Ciptakan Kamar Tenang dan Nyaman

Suasana tenang (serene) membuat istirahat lebih nyaman. Coba ciptakan suasana demikian di kamar tidur. Berikut panduannya.

Siapa tak ingin melepas penat dan lelah di kamar tidur yang nyaman. Suasana tenang menjadi salah satu faktor pendukung. Perhatikan poin-poin berikut, untuk memandu menciptakan suasana tenang di kamar tidur.


1. Pilihan Warna

Hindari penggunaan warna cerah yang mencolok. Warna yang seperti itu cenderung "mengundang" kita untuk lebih aktif. Sebaliknya, warna-warna lembut, seperti biru dan hijau, lebih "menenangkan". Warna cokelat dan pastelle yang hangat, juga bisa jadi alternatif.

2. Pencahayaan Ruang
Sama halnya dengan warna. Mata dan tubuh manusia juga bereaksi terhadap intensitas cahaya. Cahaya yang terang, cenderung membuat mata dan tubuh lelah. Untuk beristirahat, sebaiknya atur cahaya menjadi lebih lembut. Dengan demikian mata kita lebih mudah rileks.

3. Hindari Aktifitas dan Keramaian
Jangan biarkan televisi atau perangkat audio menyala, selama kita tidur. Suara yang dihasilkannya, meski setelah Anda terlelap sekalipun, dapat mengganggu kualitas istirahat. Lagi pun, perangkat video/audio yang terus menyala memboroskan energi listrik. Jika memang membutuhkan alunan nada-nada lembut sebagai pengantar tidur, maka nyalakan fungsi sleep pada peralatan. Dengan demikian, ketika Anda pulas, perangkat itu otomatis mati.

4. Pilihan furnitur dan aksesori ruang
Kasur yang empuk dan nyaman, seprai yang halus dan berbahan sejuk, akan membuat Anda lebih cepat terlelap. Tempatkan furnitur dan aksesori sesuai kebutuhan. Ruangan yang terlalu penuh dengan barang, tentu jauh dari rasa nyaman.

5. Sesuaikan dengan kebutuhan dan selera
Salah satu poin penting dalam menata ruangan, adalah kebutuhan dan selera. masing-masing orang memliki kebutuhan dan selera yang berbeda. Jangan terpancing dengan tren dari majalah atau buku-buku interior. Sesuaikan penataan dengan selera dan kebutuhan.

Sumber Kompas.com (Penulis: Anissa)