Pertegas Fungsi dengan Pencahayaan Langsung

Cahaya langsung dapat mempertegas batas-batas aktivitas, seperti makan, membaca, atau berbincang. Cahaya langsung memberikan ketegasan garis sinar dan bayangan pada bidang yang disinarinya. Permainan yang cermat pada peletakan titik cahaya langsung akan berefek tegas, fungsional, dan nyaman.

Cahaya langsung pada ruang makan sekaligus dapur bisa dijadikan contoh. Lampu gantung memberikan cahaya langsung pada bidang island di bawahnya. Cahaya langsung pun bisa dimanfaatkan untuk mempertegas bentuk kabinet atas.

Begitu juga dengan kabinet untuk mengolah makanan yang memerlukan aksesibilitas visual maksimal, tetapi tak menyilaukan. Cahaya pada bagian ini jangan terlalu kuat sehingga menampilkan bayangan yang mengganggu.

Salah satu efek dari pencahayaan langsung adalah adanya bidang yang tak tersinari. Bidang-bidang tersebut akan menimbulkan dua jenis efek: bayangan (shadow) dan bayang-bayang (shade).

Permainan cahaya langsung memunculkann efek bayangan yang kuat, sedangkan cahaya tak langsung menimbulkan efek gradasi dan bayang-bayang pada bidang yang tak terkena cahaya.

Inilah kunci jitu mencapai kualitas ruang yang Anda impikan: cermat dalam peletakan titik cahaya dan paham akan pengaruhnya pada bidang yang disinari. - Sumber Kompas.com (Zaka/iDEA)