Rp 30 M Untuk Renovasi Rumah Pengasingan Bung Karno di NTT

Jakarta, Proyek renovasi rumah pengasingan Soekarno di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), diperkirakan menelan biaya Rp 30 milyar. Target renovasi agar situs bersejarah tersebut dapat menjadi objek wisata baru di NTT.


"Rumah Bung Karno akan direnovasi. Ini keinginan Wapres Boediono yang melihat situs ini saat kampanye lalu," ujar Bupati Ende, NTT, Don Bosco Wangge, di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (7/10/2010).

Don Bosco mengatakan, renovasi dilakukan karena kondisi situs ini kurang terawat. Padahal, banyak peninggalan sejarah di tempat ini, khususnya terkait sejarah menjelang proklamasi kemerdekaan RI.

Renovasi akan dilakukan di sejumlah titik, mulai dari rumah tahanan Bung Karno bersama istrinya, Inggit Ganarsi. Termasuk ruang meditasi yang diyakini sebagai tempat Bung Karno mematangkan inspirasi mengenai Pancasila.

Konon ide mengenai Pancasila mulai muncul di benak Bung Karno saat melihat pohon sukun bercabang lima di Kota Ende. Selain juga makam mertua Bung Karno, Amsi (ibu dari Inggit Ganarsi) juga akan ditata dan diperbaiki.

"Termasuk perluasan ruang teater. Di situ naskah-naskah teater dari Bung Karno dipentaskan," cerita Don Bosco.

Lebih lanjut, Don Bosco menjelaskan selain renovasi juga akan dibangun gedung perpustakaan. Taman yang berada di sekitar rumah akan diperluas dan dipercantik, yang luasnya mencapai 1 hektar.

"Kantor kelurahan yang berada di samping rumah akan dipindahkan, dan di jadikan taman," ucap Don Bosco.

Biaya renovasi yang dianggarkan pemerintah sebesar Rp 30 miliar. Namun belum diketahui kapan rencana renovasi dimulai. Sebab, hingga kini pemerintah masih dalam tahap perencanaan dan membahas design bangunan.

"Pertemuan tadi masih tahap awal. Tahap berikut akan mematangkan design. Setelah design selesai, barulah pembangunan dimulai. Lama renovasi paling lama 1 tahun," tambah Juru Bicara Wapres Boediono, Yopie Hidayat.

Bung Karno diasingkan di tempat ini pada tahun 1934 hingga 1938. Bung Karno diasingkan bersama istrinya saat itu, Inggit Ganarsi. Detik.com