Presiden Janji Bangun Rumah Warga

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berjanji, pemerintah akan membantu pembangunan rumah-rumah warga yang rusak akibat letusan Gunung Merapi. Pembangunan akan dilakukan setelah kondisi Merapi dinyatakan aman.


Demikian dikatakan Presiden kepada ribuan pengungsi yang ditampung di Kantor Kepala Desa Purwobinangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (3/11/2010). Ikut dalam rombongan Ibu Ani Yodhoyono, Gubernur DI Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X, Kepala Polri Jenderal (Pol) Timur Pradopo, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.

Presiden meminta seluruh warga di kawasan erupsi Merapi untuk menaati perintah Gubernur dan Bupati demi keselamatan. "Kalau diminta ke bawah harap ke bawah. Sabar, karena masih ada letusan dan belum aman. Pada saatnya akan kembali ke tempat masing-masing," ucap Presiden.

Presiden mengklaim pemerintah pusat ataupun daerah telah bekerja sekuat tenaga menangani letusan Merapi. "Saya sudah melihat langsung dan apa yang dilaporkan Pak Bupati. Segalanya telah dilaksanakan. Saya minta Pak Bupati terus dilanjutkan untuk keselamatan saudara-saudara kita," kata Presiden.

Mengenai kondisi di barak-barak pengungsian, Presiden mengatakan, "Yang namanya pengungsian, yah serba darurat. Yang penting makan cukup. Diterima dulu, pada saatnya bisa kembali ke semula."

Seusai melihat kondisi barak pengungsi, Presiden dan rombongan bergerak ke posko utama penanggulangan bencana di Kantor Kecamatan Pakem. Di sana Presiden menerima pemaparan dari Gubernur mengenai kondisi bencana terkini. Setelah itu, Presiden bergerak melihat barak pengungsian lain di daerah Klaten. Kompas.com