Jangan Terlalu Mengandalkan AC

Dalam merancang ruang tamu Anda perlu lebih cermat untuk menciptakan udara segar dengan konsep hemat energi. Sirkulasi udara segar sangat dibutuhkan di musim pancaroba seperti saat ini.
Banyak orang menganggap, menggunakan

AC adalah jalan terbaik untuk menghindari cuaca panas. Padahal, kenyataannya tidak begitu. Anda bisa mencoba konsep yang lebih alami untuk ruang tamu Anda yang hemat energi. Berikut caranya:

Pertama, kurangi radiasi matahari yang langsung dari ruang tamu Anda dengan menanam pohon dekat jendela ruang tamu Anda. Selain itu, usahakan agar ruang tamu berada di bawah atap, atau antara penutup atap dan langit-langit diberikan ventilasi semaksimal mungkin. Ini dilakukan agar udara panas yang ada di bawah penutup atap dapat dialihkan keluar.

Usahakan agar udara segar terus-menerus mengalir di dalam rumah. Ini bisa Anda siasati dengan ventilasi udara secara silang.

Satu hal yang harus Anda hindari adalah penempatan ruang tamu pada sisi barat. Karena, di sisi ini radiasi matahari cenderung tinggi di siang dan sore hari.

Untuk itu pula, ada baiknya warna cat di luar ruang tamu Anda menggunakan cat berwarna gelap atau hitam karena bisa mamantulkan radiasi matahari hingga 70-90 persen, sementara udara didalam ruangan tamu tetap dingin. Sebaliknya, di dalam ruang tamu Anda sebaiknya menggunakan cat berwarnah cerah atau perpaduan beragam warna sesuai keinginan Anda.

M Ridwan Kamil, arsitek ternama Indonesia pernah mengatakan, "Semakin banyak radiasi yang dipantulkan oleh permukaan cat, ruangan belakang dinding bisa lebih dingin".

Selain itu, Anda sebaiknya meminimalkan penggunaan materai keras, seperti beton, aspal, atau seng di sekitar rumah Anda. Hal ini agar tingkat radiasi matahari tidak akan menaikkan suhu udara di sekitar rumah Anda.