Kiat Tepat Menjual Rumah

Menjual rumah memang gampang-gampang susah. Tak semua calon pembeli yang datang langsung tertarik dengan rumah Anda. Apa sebabnya?
Bisa jadi, rumah Anda kurang sesuai dengan yang mereka cari, akan tetapi bisa juga alasannya karena kondisi rumah Anda sendiri. Maka, sebaiknya pertimbangkan hal-hal berikut saat menjual rumah:


1. Faktor harga
Cermatilah harga pasaran properti dengan lokasi dan kondisi properti Anda. Pertimbangkan ukuran dan luas bangunan beserta fasilitas, kualitas material, dan akses rumah dari lokasi-lokasi publik seperti jalan raya, rumah sakit, sekolah, dan lainnya.

Untuk menentukan harga, Anda bisa membandingkan dengan properti di sekitar Anda. Pastikan harga rumah tidak terlalu tinggi, tetapi tidak terlalu murah. Usahakan agar harga rumah sepadan dengan kualitas dan fasilitas yang ada.

Jika ingin melepas rumah dengan harga lebih bagus, Anda dapat memberikan nilai lebih kepada calon pembeli. Misalnya dengan terlebih dulu melakukan pengecatan atau memperbaiki bagian-bagian yang rusak atau jelek. Biaya renovasi yang dikeluarkan, dapat ditutup dengan menaikkan harga jual. Tentu saja, Anda harus pintar meyakinkan pembeli bahwa mereka mendapat yang terbaik dari jumlah uang yang dikeluarkan.

2. Cantumkan harga
Saat menjual rumah, Anda perlu mencantumkan harga rumah secara jelas. Calon pembeli akan berusaha menawar rumah dengan harga lebih rendah. Agar rumah Anda tidak turun terlalu tajam, berikan batas harga untuk penawaran rumah Anda.

3. Jangan menjual saat musim hujan
Usahakan agar penjualan rumah tidak dilakukan saat musim hujan atau cuaca buruk. Kondisi semacam ini membuat tampilan ruangan tidak maksimal. Dari luar, rumah bisa tampil kurang menarik karena cipratan dan genangan air.

4. Jelaskan seperlunya
Anda tidak perlu menjelaskan selengkap-lengkapnya alasan menjual rumah. Misalnya karena Anda kurang cocok dengan lingkungan sekitar atau Anda sedang membutuhkan dana tunai. Hal ini bisa membuat calon pembeli kurang berminat dengan rumah Anda atau justru pembeli mendesak Anda menurunkan harga rumah.

5. Siapkan berkas dan dokumen
Jangan lupa untuk menyiapkan berkas dan dokumen penting untuk penjualan rumah. Sebagai bentuk kehati-hatian, cermati pula latar belakang calon pembeli Anda. Persiapkan pula kondisi rumah saat calon pembeli akan menyambangi rumah Anda.

6. Pasang Iklan di RiauProperty.com
Dengan memasang iklan bersama kami, rumah yang akan dijual informasinya dapat diketahui oleh calon pembeli secara global. Dan informasi iklan dapat diakses selama 24 Jam, dan jika saudara menggunakan media cetak lokal tentunya hanya lokal Pekanbaru saja. Sedangkan pembeli bisa saja dari kota manapun.