Letak Rumah, Mengundang Angin Datang

Rumah yang kaya dengan penghawaan alami akan memiliki kualitas udara lebih baik. Demi menciptakan kondisi itu, Anda perlu mempelajari letak rumah Anda untuk mengenali datangnya angin sehingga sirkulasi udara di dalamnya lancar.


Sebutlah misalnya, lingkungan rumah Anda memiliki potensi angin dari arah timur, timur laut, dan tenggara, maka buatlah bukaan seperti jendela, pintu, jalusi, dan lain-lainnya yang menghadap arah itu. Kadangkala angin atau udara yang datang cukup panas, karena itu sebelum masuk ke rumah diberi perantara dengan melewati teras panjang atau kanopi.

Tanaman berukuran besar di halaman juga cukup berguna meredam udara panas. Agar angin atau udara mengalir lancar, sebaiknya Anda membuat bukaan untuk mengeluarkan udara di belakang rumah. Semakin luas bukaan, maka semakin kuat pula angin yang akan masuk.

Namun, jika bagian belakang rumah sudah habis tertutup bangunan, udara panas dapat diarahkan ke atas. Bila masih kurang lancar, Anda dapat memanfaatkan exhaust fan untuk menyedot udara ke atas.

Langkah lainnya bisa dilakukan adalah dengan membangun plafon tinggi di atas 340 sentimeter. Volume ruang atas plafon bawah genteng juga menguntungkan. Rumah dengan volume besar di dalamnya akan terasa lebih dingin. KOMPAS