Waspadai Polusi Material di Rumah Baru

Tanpa disadari, material pada bangunan rumah Anda bisa menjadi sumber penyakit bagi anggota keluarga, seperti kanker, alergi, gangguan pernapasan, ginjal, atau hati. Untuk mencegah hal-hal tak dinginkan itu terjadi, ada baiknya Anda mulai memperhatikan pemilihan material saat hendak membangun rumah.

Bagi Anda yang membeli rumah jadi, kecermatan pemilihan material bisa dilakukan dengan mengamati panduan spesifikasi rumah. Di dalam brosur harus terdapat gambar denah, tampak, site plan, dan spesifikasi material yang digunakan. Untuk mengetahui lebih banyak tentang material, Anda dapat bertanya kepada pengembang. Sekedar pengetahuan, beberapa material utama yang bisa Anda itu ketahui adalah:

Cat

Cat yang mengandung VOC (Volatile Organic Compound), timbal, dan merkuri patut Anda waspadai. Dalam komposisi tepat, bahan ini tidak berbahaya. Sebaliknya, bila berlebih kandungan VOC dapat menyebabkan kanker.

Cat dengan merek ternama yang ada saat cukup bertanggung jawab dalam menggunakan bahan-bahan tersebut dibandingkan cat oplosan tanpa diketahui mereknya. Perlu Anda perhatikan, bahwa cat yang baik tidak luntur saat dipegang, memiliki permukaan halus dan rata, warna mentereng dalam konteks wajar, serta bau yang tidak terlalu menyengat. Jika mata Anda terasa perih sampai mengalami iritasi, bisa jadi itu merupakan indikasi cat yang digunakan memiliki kandungan racun tinggi.

Kayu

Tingginya permintaan pasar seolah memaksa kayu diproses sebelum waktunya. Proses pengeringan, pengawetan, hingga pelapisan menggunakan beragam bahan kimia membuat kayu jadi tak ramah lingkungan. Untuk itulah, hal patut diwaspadai adalah penggunaan ter berlebihan pada proses pengawetan kayu. Ciri-cirinya, mulai bau yang menyengat hingga hidung dan mata terasa perih.

Keramik

Seiring tren, pemakaian keramik warna putih saat ini juga meningkat. Padahal, semakin putih keramik, semakin tinggi bahaya radioaktif yang dikandungnya.

Keramik terlalu putih mengandung zirconium yang dapat menyebabkan kanker kulit. Untuk menyiasati, sebaiknya gunakan keramik warna lain dan bertanya kepada produsen ihwal produknya bersertifikat bebas radioaktif atau tidak. KOMPAS