Mau, Pinjaman Uang Muka Perumahan dari Jamsostek?

PT Jamsostek membuat nota kesepemahaman (MoU) dengan BPD Jateng untuk penyaluran dana pinjaman uang muka perumahan (PUMP) bagi pekerja di wilayah Jawa Tengah. Kerja sama dengan lembaga perbankan daerah ini diharapkan bisa menjamin dana yang ditempatkan aman dan bermanfaat bagi peserta.


Penandatanganan dilakukan oleh Dirut Jamsostek Hotbonar Sinaga dengan Dirut BPD Jateng Haroyono disaksikan oleh undangan dari kedua pihak di Jakarta, Senin (28/11/2011) kemarin. Hotbonar menyatakan, sebelumnya Jamsostek menyalurkan PUMP melalui lembaga non-perbankan atau atas permintaan peserta atau perusahaan tempat peserta bekerja.

"Pada sejumlah kasus, kami menemui kendala dalam pengadaan rumah, penyelesaian cicilan, penggunaan yang tepat sasaran dan sejumlah masalah lainnya," kata Hotbonar.

Belajar dari kasus tersebut, manajemen Jamsostek mengajak bank pembangunan daerah untuk bermitra untuk menyalurkan dana PUMP agar tepat sasaran, nihil masalah dan pekerja puas.

Saat ini Jamsostek sudah menyalurkan Rp 232 miliar dana PUMP untuk 15.665 pekerja yang menjadi peserta Jamsostek. BPD Jateng adalah lembaga perbankan kedelapan yang diajak kerja sama. Sebelumnya, Jamsostek telah menandatangani MoU dengan BPD Sumut di Batam. KOMPAS