Pemkab Siak Bantu Rehab Rumah Rakyat

Pemerintah Kabupaten Siak akan segera menyiapkan bantuan rehab rumah layak huni untuk masyarakat Kabupaten Siiak. Ini merupakan salah satu upaya memberantas kemiskinan di Kabupaten Siak.


Telah dipersiapkan tim untuk mendata rumah masyarakat Siak yang dirasa tidak layak huni. Tim ini nantinya akan melakukan pendataan terhadap keadaan rumah masyarakat, dan jika ditemukan rumah yang dianggap tidak layak akan direkomendasikan untuk direnovasi.

Alfedri, wakil bupati Siak, mengatakan bahwa sebenarnya ini juga merupakan program dari pemerintah pusat yang diteruskan ke daerah se-Indonesia. Dengan adanya program ini diharapkan dapat benar-benar membantu masyarakat.

"Sebenarnya kita merupakan perpanjangan tangan dari pusat dalam pelaksanaan ini, dimana kita mendata untuk diberi rekomendasi kepada pemerintah pusat, kepada tim yang telah dibentuk untuk ini diharapkan agar benar-benar maksimal dalam mendata, karena kalau tidak ditakutkan tidak tepat sasaran dan manfaatnya tidak maksimal," ucapnya.

Sebenatrnya, untuk menanggulangi ini, Pemkab Siak telah mempersiapkan teknik yang tepat. Rumah yang akan direkomendasikan tidak hanya sekedar dicek oleh petugas lapangan, tetapi juga dilaporkan dengan detail.

"Jadi bukan asal lapor rumah si ini layak, si ini tidak, tapi benar-benar kita awasi dengan seksama, bahkan kita minta dalam laporan itu foto rumahnyan," ucap Syamsuar, bupati Siak.

Syamsuar menambahkan bahwa masyarakat yang dianggap berhak menerima ini adalah masyarakat yang berpenghasilan dibawah 1,25juta/ bulan. Ini termasuk pendapatan suami dan istri jika bekerja.

"Kita membatasi, kepada masyarakat yang penghasilan keluarganya dibawah 1,25juta yang berhak, jadi misalkan suami berpendapatan 1 juta, istri 1juta, itu tidak termasuk kriteria, karena yang dimaksud pendapat keseluruhan," ucap Syam

Selain itu, salah satu syarat lainnya adalah masyarakat tersebut harus memiliki kartu identitas (KTP) yang dikeluarkan oleh Pemkab Siak, bukan dari daerah lain. Ini dilakukan karena program ini bertujuan mengurangi kemiskinan yang tentunya diutamakan bagi masyarakat Siak terlebih dahulu. Sumber HalloRiau.com