Rumah Murah Rp 80-100 Juta Masih Banyak Kok di Pinggir Jakarta!

Pasokan rumah murah dengan rentang harga Rp 80-100 juta masih banyak ditawarkan di pinggiran Jakarta. Para pengembang perumahan saat ini masih membangun rumah murah dalam rentang harga itu, yang lokasinya di wilayah Tangerang, Bekasi, Cikarang dan Cibitung.


Dalam acara pameran proeperti REI Expo 2012 di JCC, Jakarta, pengembang seperti PT Kiranasurya Perkasa menawarkan rumah yang masih terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah.

Salah seorang Marketing PT Kiranasurya perkasa, Eva mengatakan kalau pihaknya telah mengembangkan rumah murah dengan harga 105 juta di wilayah Cibitung dan Cikarang.

"Kalau saya ada di Cibitung sama Cikarang. Kalau kita masih harga jual Rp 105-an jutaan. Kita dengan DP ada yang Rp 6 juta dan ada yang 1 juta, dengan angsurannya Rp 892.604 dengan bank BNI, dan ini masuk subsidi dan subsidinya di bunga bank aja. Untuk bunganya sendiri 7,25% (FLPP)," ungkapnya kepada detikFinance, Minggu (6/5/2012).

Untuk angsurannya, pembeli bisa mengangsur selama 15 tahun. Eva juga mengatakan untuk rumah murah yang dibanguan di perumahan Kirana Cibitung dan Kirana Cikarang mencapai 6.000 unit rumah.

"Kalau jatah atau kuota rumah murah kurang lebih ada 6.000 rumah unit. Itu sudah dua-duanya berdiri. Kalau Cikarang karena itu proyek baru
itu baru 200-an unit yang sudah terhuni atau sudah terjual," tambahnya.

Sementara menurut Eva fasiltas yang menunjang perumahan Kirana sendiri ada pasar tradisional, sekolahan, dan juga dekat rumah sakit.

Sementara Arnold salah seorang tenaga marketing dari PT Karsa Agung yang menawarkan rumah murah Griya Tangerang Asri mengatakan royek rumah murah yang berlokasi di wilayah Tangerang ini ditawarkan dengan harga Rp 80 juta sampai Rp 90 juta.

"Kalau di kita tipe 36/72 dari Rp 80-90 juta serta ada 500 unit yang dibangun dan yang sudah terjual 300 unit," ungkapnya.

Untuk fasilitas penunjang yang ditawarkan, menurut Arnold hampir mirip seperti yang ditawarkan oleh Kirana yaitu terdapat mushola dan sekolah serta dekat dengan rumah sakit, stasiun, dan pasar.

Pameran properti REI Expo 2012 di JCC digelar mulai tanggal 5-13 Mei 2012. Pameran ini mencakup 137 lokasi proyek properti, mencakup 120 pengembang di seluruh Indonesia. Sumber detikFinance