Asyiknya Bisnis Sewa Ruang Kantor

Sekarang mulai ada orang yang membeli ruang kantor, untuk disewakan lagi di kemudian hari dengan space yang lebih kecil," ujar Meyriana Kesuma, Manajer Riset dan Konsultasi dari Coldwell Banker Indonesia. Pernyataan Meyriana ini muncul ketika menanggapi ledakan pembangunan ruang kantor strata title di Jakarta sejak 2012. Diperkirakan, mulai tahun depan ribuan ruang kantor milik ini sudah mengisi pasar, terutama di TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Menurut Meyriana, permintaan kantor berstatus strata title berasal dari mereka yang dulunya menyewa, juga dari perusahaan yang berekspansi. Tak ketinggalan para investor yang berniat menjual kembali. Tak hanya itu, tetapi juga bagi pihak yang menyewakan unit miliknya di kemudian hari, layaknya kondominium yang disewakan.

"Tarif sewa ruang kantor tentunya akan semakin kompetitif dan konsumen punya lebih banyak pilihan. Ruang kantor strata title yang disewakan biasanya luasnya tidak terlalu besar, hanya berkisar 100 meter persegi sampai 250 meter persegi," paparnya.

Dia menambahkan, ruang kantor sewa murni pada umumnya memiliki keunggulan di bagian pengelolaan gedung luas dan luas ruangan yang lebih besar. Adapun, untuk strate title yang disewakan, penyewa harus menghubungi pemilik unit lebih dulu sebelum ke pengelola gedung.

Sebagai gambaran, Coldwell Banker Indonesia mencatat pada kuartal IV/2012, tingkat permintaan ruang kantor strata title di CBD mencapai 99.730 meter persegi. Kondisi itu meningkat delapan kali lipat dibandingkan dengan kuartal yang sama sebelumnya. Jadi, apakah ini saat yang tepat untuk memulai menanam modal di produk properti yang mulai marak di kota-kota besar ini ?

Benny Rahardjo perencana keuangan dari QM Financial mengatakan jika merujuk pada pasar perkantoran Indonesia, terutama Jakarta tentu peluang masih cukup bagus.
"Kondisi ekonomi Indonesia saat ini masih cukup mendukung ekspansi, dan kebutuhan ruang kantor tentunya bertambah sementara lahan di Jakarta terbatas. Mau tidak mau, orang akan cari area di gedung-gedung tinggi," ungkapnya.

Dengan demikian dia melanjutkan konsekuensi logisnya, akan ada permintaan untuk ruang kantor. Pengusaha pemula yang belum memiliki dana besar tentu terpaksa menyewa. Jika dia menyewa di ruang kantor sewa di area pusat bisnis, dia harus bersaing dengan perusahan multinasional lain.

Sementara itu, para investor yang punya dana lebih dapat membeli ruang kantor strata title di kawasan nonbisnis, kemudian menyewakannya. Tentu saja, dengan tarif yang relatif mampu bersain denan kantor sewa murini.
"Disinilah permintaan bertemu dengan penawaran, sehingga bisa dibilang prospek ke depan untuk investasi ini cukup positif untuk jangka panjang. Hanya saja, tetap ada hal-hal yang harus diperhatikan oleh calon investor sebelum menanamkan dananya," ungkap Benny.

Hal pertama adalah memeriksa dokumen legal dari produk yang diincar. Jika lengkap dan rapi, maka investor bisa mempelajari lokasi tempat ruang kantor itu berada. Apakah ada di area yang mudah dijangkau kendaraan, atau apakah sesuai sebagai area perkantoran.
Yang terakhir investor harus mempertimbangkan secara detil mengenai sarana penunjang yang ada dalam gedung perkantoran tersebut, seperti toilet, elevator dan sebagainya.


Sumber Media Cetak : Bisnis Indonesia, 17 November 2013

Riauproperty.com sebagai portal jual rumah Pekanbaru yang terlengkap.